Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
TUGAS SOFTSKILL 2
Nama : Ardan Widhayaka
NPM : 51412026
Kelas : 3IA25
NPM : 51412026
Kelas : 3IA25
Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga
teknologi dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai
sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita
yang menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah
kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya. Dengan semakin majunya
perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya
desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilkan banyak sekali
desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya. Desain Pemodelan Grafis
juga berkaitan erat dengan grafik komputer.
Dibawah ini adalah kegiatan yang berkaitan dengan
grafik komputer :
·
Pemodelan geometris
·
Rendering
·
Animasi
·
Kerangka Grafik Komputer.
·
Graphic library/package (contoh:Open GL)
·
Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics
·
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi
citra.
·
Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,
manufaktur, visualisasi dll.
ð Bidang-
bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan
dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian
mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan
pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna
manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif darisistem manusia-komputer.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif darisistem manusia-komputer.
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka
kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer,
khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai
Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti
perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang
teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu
sistem interaksi mausia-komputer.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi
melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu
merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu,
pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori
formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi
formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti
halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf,
1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik
elektronika.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari
pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan
studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan
studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh
teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan
pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan
sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan
lain-lain.
Desain Grafis dan Tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi
adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai
pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini
belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan
grafik yang diunggulkan.
ð Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan
di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari
film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi
oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat
membuat film semakin menarik.
Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
Bidang Budaya
Dengan membuat desain dimedia komputer, kita dapat
langsung men-share hasil karya kita keseluruh dunia melewati internet pastinya,
jadi seluruh budaya bangsa ini bisa dapat dikenal dengan mudah oleh dunia.
Cukup mudah untuk memperkenalkan suatu budaya negara ke dunia, kita tinggal
membuat desainnya dikomputer menggunakan software model grafik, hasilnya
selesai langsung dishare melalui internet.
Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait
dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain
yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan
masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk
desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek
mereka.
Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang
sama seperti aslinya.
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar