Tugas 2 Softskill Pengantar Komputasi Modern (Tulisan 1)
Nama : Ardan Widhayaka
Kelas : 4IA25
Npm : 51412026
Nama : Ardan Widhayaka
Kelas : 4IA25
Npm : 51412026
Arsitektur
Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar
dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana
cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang
didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan
data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann,
CISC, RISC, blue gene, dll.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.
Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan
eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi
sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah
perbedaan antara hardware dan software.
Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer
yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software
ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan
mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau
menyediakan operasi yang diperlukan software.
Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan
dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine”
yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
·
CPU (Central processing Unit), yang mengendalikan semua
unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
·
Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang
sedang diolah dan program
·
Control unit (unit pengendalian), membuat semua unit
bekerja sama sebagai suatu sistem
·
Aritmatika and logical Unit, tempat berlangsungnya
operasi perhitungan matematika dan logika
·
Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage
·
Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan
tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan
·
Unit Output, mencatat hasil pengolahan
Peralatan Input
Perangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan
untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang
digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer
melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang
dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh
manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini
berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada
data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary
encoded information).
Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Primer
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan
instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut
microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control
unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua
bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil
yang disebut register.
Penyimpanan sekunder
Penyimpanan sekunder (juga dikenal sebagai memori
eksternal atau penyimpanan tambahan), berbeda dari penyimpanan utama dalam hal
itu tidak langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer biasanya menggunakan input
/ saluran output untuk mengakses penyimpanan sekunder dan transfer data yang
diinginkan dengan menggunakan daerah menengah dalam penyimpanan utama.
Penyimpanan sekunder tidak kehilangan data bila perangkat dimatikan-itu adalah
non-volatile. Per unit, itu biasanya juga dua lipat lebih murah dari penyimpanan
utama. Akibatnya, sistem komputer modern biasanya memiliki dua perintah
besarnya lebih penyimpanan sekunder dari penyimpanan primer dan data disimpan
untuk waktu yang lebih lama disana.
Peralatan Output
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan
menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam
bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
1. Hard-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras
seperti kertas atau film.
2. Soft-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak
yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk
merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media
seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai
alat output dan juga sebagai alat input.
– See more at: http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/definisi-arsitektur-komputer.html#sthash.vGfbT6YG.dpuf
Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:
·
Set instruksi.
·
Komponen hardware (perangkat keras).
·
Organisasi atau susunan sistemnya.
Bagian
utama arsitektur komputer
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
·
Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang
menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
·
Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware
(perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.
Tingkatan
Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer
yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software
ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan
mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau
menyediakan operasi yang diperlukan software.
Multilayerd
Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan
dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine”
yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
·
CPU (Central processing Unit), yang mengendalikan semua
unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
·
Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang
sedang diolah dan program.
·
Control unit (unit pengendalian), membuat semua unit
bekerja sama sebagai suatu sistem.
·
Aritmatika and logical Unit, tempat berlangsungnya
operasi perhitungan matematika dan logika.
·
Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage
·
Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan
tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan
·
Unit Output, mencatat hasil pengolahan
Peralatan
Input
Perangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan
untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang
digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer
melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang
dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh
manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini
berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada
data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary
encoded information).
Pemrosesan
Pusat dan Penyimpanan Primer
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan
instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut
microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control
unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua
bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil
yang disebut register.
Penyimpanan
sekunder
Penyimpanan sekunder (juga dikenal sebagai memori
eksternal atau penyimpanan tambahan), berbeda dari penyimpanan utama dalam hal
itu tidak langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer biasanya menggunakan input
/ saluran output untuk mengakses penyimpanan sekunder dan transfer data yang
diinginkan dengan menggunakan daerah menengah dalam penyimpanan utama.
Penyimpanan sekunder tidak kehilangan data bila perangkat dimatikan-itu adalah
non-volatile. Per unit, itu biasanya juga dua lipat lebih murah dari
penyimpanan utama. Akibatnya, sistem komputer modern biasanya memiliki dua
perintah besarnya lebih penyimpanan sekunder dari penyimpanan primer dan data
disimpan untuk waktu yang lebih lama disana.
Peralatan
Output
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan
menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam
bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Peralatan output dapat berupa:
1. Hard-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras
seperti kertas atau film.
2. Soft-copy device,
yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak
yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk
merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media
seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai
alat output dan juga sebagai alat input.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar