DEFINISI WEB SCIENCE DAN
SEJARAH WEB SCIENCE
Pengertian Web Science :
Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat
dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan
informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari
keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian
yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu
pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi
informasi yang akurat.
Sejarah WEB:
WWW atau World Wide Web. Sebuah kata yang sangat tindak asing di telinga
kita. Terutama anda yang sering mondar -mandir di dunia maya. Jika ingin masuk
ke suatu website pasti anda mengetik awalan tersebut. Misalnya anda ingin
membuka akun facebook anda, di kotak alamat anda pasti mengetikkan
www.facebook.com. tahukah anda sejak kapan penulisan www mulai dipakai di jagat
web?.
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle
Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan
Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18
negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN
mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang
memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi
informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan
suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai
mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan
software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem
Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat
itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah
munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing
Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web
browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah
untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik
dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan
versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows
dan Macintosh.
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web
browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk
digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari
pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan
versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan
Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian
bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat
Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic
sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang
banyak digunakan setelah InternetExplorer.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya
terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang
mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai
Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
Pre-Web Memex :
Sejarah Memex :
Sejarah Memex yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya
teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari "memory extender")
, adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin
teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada
tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari
teknologi hiperteks yang saat ini telah ada. Vanner Bush memang tidak terlibat
langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau
beliau disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah
referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya
Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan
memori manusia dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan
dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip
dengan yang dikenal saat ini yaitu hypertext.
Pengertian Memex :
Memex (singkatan dari "memory extender") ,
adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin
teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada
tahun 1945 pada TheAtlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari
teknologi hiperteks yang muncul kemudian.
Pre-Web Hypertext
Pengguna di internet atau di intranet dapat membuat
halaman web dan antara halaman web yang satu dengan yang dapat terjadi link,
hal ini dapat terjadi bila menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
Setiap halaman web, termasuk home page untuk web site, memiliki alamat yang
unik yang dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL).
Halaman web adalah hypertext document (file yang
memiliki format Hypertext Markup Language (HTML)) yang memiliki hyperlink.
Dalam komputer, hiperteks adalah
paradigma interface pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi
referensi-silang otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hiperlink. Memilih
hiperlink menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam
waktu sangat singkat.
Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu,
sebuah sistem hiperteks yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani,
menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan
baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang
yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi
terdapat secara lokal atau dari mana pun dia berada dengan bantuan jaringan
komputer seperti internet. Implementasi paling terkenal dari hiperteks adalah
World Wide Web. Istilah "hiperteks" sering kali digunakan di
mana istilah hipermedia lebih cocok bila digunakan. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Hypertext )
Sejarah HIPERTEXT
Merupakan salah satu varian dari SGML (Standard
Generalized Markup Language), yaitu sebuah standar dari ISO (International
Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik.
HTML sendiri secara formal diumumkan sebagai RFC 1866. Yang dipergunakan dalam
pertukaran dokumen melalui protokol HTTP. Tata penulisan yang digunakan dalam
dokumen Web. Dokumen ini, akan dieksekusi oleh browser, sehingga browser mampu
menghasilkan suatu dokumen sesuai dengan keinginan yang mendesain page. Dokumen
ini mempunyai kemampuan menampilkan gambar, suara, teks, maupun penyediaan link
terhadap halaman web lainnya, baik dengan alamat yang sama serta alamat yang
berbeda.
Pre-Web Internet :
Pengertian Internet
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah Internet
Berikut sejarah
kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah
internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset
tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970,
sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga
mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Manfaat Internet
Secara umum ada
banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke
internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi,
rohani, sosial.
2. Informasi
untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham,
komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
Pre-Web Usenet
Sejarah Usenet
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis
mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada
tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara kolektif
disebut berita) ke satu
kategori atau lebih yang disebut newsgroup.
Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan
merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini,
secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum
web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader
seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada
peladen secara berurutan.
Salah satu perbedaan penting antara BBS atau forum web dan Usenet adalah
tidak adanya server pusat dan administrator khusus. Usenet didistribusikan
antara konglomerasi besar yang terus berubah dari peladen-peladen yang
menyimpan serta meneruskan pesan satu sama lainnya. Peladen-peladen ini secara
longgar terhubung dalam jejaring tidak tetap. Polanya mirip dengan peta
transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa cara untuk sampai ke titik manapun
di kota. Jika salah satu jalan akan diblokir karena alasan tertentu, ada jalan
lain selalu tersedia untuk sampai ke sana. Dengan cara ini, Jaringan Pengguna
atau Usenet memungkinkan artikel yang diposkan ke newsgroup sampai ke banyak
tujuan dengan cepat. Seorang pengguna dapat membaca pesan dari peladen dan
menuliskan pesan ke peladen lokal yang dioperasikan oleh penyelenggara jasa
internet, universitas atau perusahaan. Peladen kemudian saling bertukar pesan
satu sama lainnya, hingga pesan tersedia bagi pembaca di luar peladen asli.
Pengertian Usenet
Usernet adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global.
Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang
sama.
Pre-Web Ftp
FTP (File Transfer Protokol)adalah salah satu protocol tertua yang pernah
ada di internet. Walaupun sudah tua FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap
kali dimanfaatkan oelh pengguna internet terutama untuk mendownload software
atau hal lainnya. FTP telah ada semensemenjak dua puluh tahun di sejarah
internet sehingga protocol ini sudah memiliki standard yang baik. Fungsi FTP
ini lebih banyak dikenal oleh orang-orang yang bekerja di dunia website atau
pelayanan pengiriman file-file di internet.
Protokol pengiriman berkas (bahasa Inggris File Transfer Protocol)
adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi
yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah
Antarjaringan.
Pre-Web Gopher
Pre-Web Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk
distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat
berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk
alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai
popularitas. Gopher diciptakan oleh Mark McCahill dan timnya di University of
Minnesota pada 1991.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan menerapkan
hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Menu teks
antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi yang
sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang masih
umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang
difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang lebih baru dan
klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan
elektronik pertama. Pengguna Gopher ingat bahwa sistem "lebih cepat dan
lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" dari layanan Web saat ini.
Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol
Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif
dipertahankan.
WEB 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi
baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan
media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara
umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit
interaktif boleh dibilang pada web 1.0 ini bersifat read-only.
Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0.
adalah:
1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk
menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan
orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada
interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga
komunikasi biasanya baru satu arah.
WEB 2.0
Web 2.0 setelah Web 1.0 diluncurkan berkembanglah Web 2.0. Istilah Web 2.0
pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai
teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing
informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan
sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang
disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu
percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada
platform baru tersebut.
WEB 3.0
Web 3.0 definisi untuk Web
3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada
layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand . Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien
dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web
memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat
hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga
di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh
perangkat lunak (software agents).
.
WEB SCIENCE
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan
generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990
oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa.Sejarahnya web science muncul dari sebuah riset para
ilmuan-ilmuan. Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan
memanipulasi web. Pada Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan
juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
Tujuan dari web science : untuk
mengetahui bagaimana cara mengetahui source code dari web itu sendiri dan
bagaimana kita dapat memanfaatkan web tersebut untuk melakukan hal yang
positif.
Berbagai riset
pada Web Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
·
trend perkembangan Web
·
tantangan dalam pengembangan Web
·
mendukung untuk ubiquity, mobility,
new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online
·
pentingnya hal sosial seperti
menghargai hak privasi
·
mengidentifikasikan varian dari
penelitian Web Secara ringkas
Bernes-Lee mengatakan Web Science
merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka
pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi.
Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk
pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang
dapat dilakukan.Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh
perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Dampak Postive Dari Internet untuk sosial :
-Dampak Positive internet untuk sosial adalah, dalam dunia maya kita bisa berjualan online , dimana shop online tidak membutuhkan modal berjualan sama sekali , tidak seperti membangun toko ataupun kios .
-Dampak Positive lain adalah kita bisa ngobrol lewat social media dengan saudara – teman bahkan orang tua yang jaraknya jauh dengan daerah yang kita tempati.
-Dampak Positive Lainnya lagi adalah, kita bisa mengirim lowongan kerja via online .
Dampak Negative dari Internet untuk Sosial :
- Dampak Negative dari Internet untuk Sosial : Maraknya penipuan dari shop online yang mengiming imingi para calon pembeli dengan memeberikan harga diskon yang menipu , sehingga para calon pembeli tergiur untuk membeli.
- Dampak
Lainnya adalah : Banyaknya penculikan yang didasarkan dengan cara mengadakan
kopi darat (pertemuan) lalu korban akan diculik dan bahkan pelaku kadang
membunuh korban
-Dampak Lainnya : Banyaknya anak dibawah umur yang bebas membuka situs dengan konten dewasa .
Dampak Positif Internet untuk Ekonomi:
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat
pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara
lain :
1. Pertumbuhan
Ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya
Industrialisasi
3. Produktifitas
dunia industry semakin meningkat
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika
Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini
melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada
struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai
contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman
(.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model
analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan
determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh
perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Arsitektur Web dan Aplikasi Utama
Arsitektur Web
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan
situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis
dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar
pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada
konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain
arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki
apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode
desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat
memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan
disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup
estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan
munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur
informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah
dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan
postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan
perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi. “Website
arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk
disiplin intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara
kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis,
dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut
dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan
desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan
produksi adalah lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan
cetak.
“Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan
untuk disiplin intelektual mengatur konten website.”.
Ada tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar
ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi
SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai
standar tersebut.
SOAP (Simple Object Access Protocol)
<> suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure
Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.
WSDL (Web Services Description Language)
<> bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam
aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
UDDI (Universal Description Discovery and Integration)
<> semacam direktori global untuk mengelola web services.
Aplikasi Utama Web
Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web
application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang
diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet.
Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam
bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll)
dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.
Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien
untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin
client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web
tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan
ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang
umum misalnya webmail, toko ritel daring, lelang daring, wiki, papan
diskusi, weblog, sertaMMORPG.
· HTTP, HTML, Internet, web server, browser,
transactions
HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah
protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi
terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak
pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut
dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada
tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi
mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah
untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama
untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena
memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web
(World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force
(IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments
(RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada
bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan server.
Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya),
biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhostingtertentu
(biasanya port 80). Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal
dengan user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya
seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di
antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti
halnya proxy, gateway, dan juga tunnel.
HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah
sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web,
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan
formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar
dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas
yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII
normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari
sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan
percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language),
HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman
web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat
oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di
CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di
Jenewa).
Internet
Interconnection network (internet) adalah sistem
global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal
dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet
merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh
dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang
berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar
protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua
hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket
data dari satu komputer ke komputer lainya.
Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang
dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini
kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang
melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer
lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil
menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun
kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah
komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol
resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Web server
Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi
menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web
dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang
umumnya berbentuk dokumen HTML
Macam - macam Web Server diantanya:
·
Apache Web Server - The HTTP Web Server
·
Apache Tomcat
·
Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
·
Lighttpd
·
Sun Java System Web Server
·
Xitami Web Server
·
Zeus Web Server
Namun web yang terkenal dan yang sering digunakan adalah Apache dan
Microsoft Internet Information Service (IIS).
Browser
Browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang
digunakan untuk menampilkan halaman Web. Microsoft Internet Explorer, Netscape
Navigator, Mozilla adalah contohnya.
Pendeknya untuk Web browser, merupakan aplikasi
perangkat lunak digunakan untuk menemukan, mengambil dan juga menampilkan
konten di World Wide Web, termasuk halaman Web, gambar, video dan
file lainnya.
Dua browser paling populer adalah Microsoft Internet
Explorer dan Firefox. Browser utama lainnya termasuk termasuk Google Chrome,
Apple Safari dan Opera. Sementara sebagian besar biasa digunakan untuk
mengakses informasi di web, browser juga dapat digunakan untuk mengakses
informasi host di web server dalam jaringan pribadi.
Transactions
Dikembangkan oleh SAP, Internet Transaksi Server (ITS)
adalah sebuah aplikasi sistem yang menandai upaya pertama oleh perusahaan untuk
memperluas aplikasi bisnis ke Internet melalui browser Web. Hal ini dilakukan
dengan pemrograman ITS untuk mengubah layar dalam perangkat lunak SAP ke dalam
HTML, sehingga memungkinkan internet berbasis teknologi untuk berinteraksi
dengan program perangkat lunak SAP. Digunakan sebagai komponen middleware, ITS
memungkinkan sejumlah program SAP dalam kelompok / 3 R untuk mengakses Web.
Karena sejumlah end-klien semakin mengandalkan komputasi jarak jauh, ITS
dikembangkan untuk membantu para pelanggan memenuhi kebutuhan mereka. Dirancang
untuk menghubungkan SAP dengan komunitas global melalui Internet, program ini
telah berkembang secara efisien meneruskan software SAP ke Internet.
Internet Server Transaksi memiliki kemampuan untuk menangani berbagai macam
teknologi Web untuk mengakses aplikasi SAP. Menggunakan SAP GUI antarmuka, baik
Transaksi Web dan SAP GUI untuk HTML adalah dua pilihan tersebut. Memanfaatkan
RFC Protocol, Web Reporting, WebRFC dan Logika Arus ITS tiga opsi lain.
Internet Aplikasi Komponen merupakan pilihan juga yang menggunakan tata letak
berbasis template. Sementara teknologi masing-masing menggunakan pendekatan
yang berbeda, ITS mampu berkomunikasi dengan teknologi masing-masing dan
mentransfer informasi yang dihasilkan ke sebuah browser Web melalui ITS dan
server Web.
· User generated content, blogs, wikis, folksonomies,
social networks
User
generated content
User-generated Content atau disingkat UGC, dikenal
juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content
(UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang
diproduksi oleh end-user. Kemajuan teknologi web memungkinkan konten website
tidak lagi dimonopoli oleh pengelola, melainkan dapat dibuat oleh para
penggunanya. UGC merupakan salah satu ciri dominan Web 2.0. MediaWiki adalah
salah satu contoh aplikasi web yang menyediakan fitur UGC.
Blogs
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk
aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada
sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut
terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama),
meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses
oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna
blog tersebut.
Wikis
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen
hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi
situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang
digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
Folksonomies
Folksonomy adalah sebuah metode untuk menciptakan dan
mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya
merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item
yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa
teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang saling terkait
denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag cloud memiliki
30 hingga 150 tag.
Social networks
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain
melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa
diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan tidak jarang juga,
orang-orang yang “maenan” situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang
ngga mutu. Padahal status update pun memiliki potensi dengan dampak yang luas.
Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya dari sampulnya.
·· Semantic Web
summary: XML, RDF, OWL, microformats, microdata
Semantic Web
Summary
Pengertian
Web Semantik (Semantic Web) atau definisi Web Semantik adalah pengembangan dari World Wide Web di
mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan
mesin untuk memprosesnya. Web Semantik berasal dari World Wide Web Konsorsium
dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.
Web Semantik
terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif,
dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Web Semantik yang dinyatakan
sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Web Semantik disajikan dalam
spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep,
istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.
Istilah Web
Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan
muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu
sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML,
XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
XML
XML
(eXtensible Markup Language) dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan
pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML
sebenarnya bukan teknologi baru, tapi merupakan turunan dari SGML yang telah
dikembangkan pada awal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis
bebagai proyek berskala besar. XML adalah bahasa markup untuk keperluan umum
yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup untuk pertukaran data
antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText
Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.
Seperti
halnya HTML, XML juga menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka
(diawali dengan „<‟ dan diakhiri dengan „>‟), tag penutup (diawali dengan „</ „diakhiri „>‟) dan atribut
elemen (parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang
dipakai didalamnya, sedangkan pada XML, tag dan atribut dapat digunakan sesuka
hati.
XML bukanlah
merupakan pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda.
Kalau HTML digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana
informasi terlihat, XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada
informasi itu sendiri. XML lebih dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan
informasi dengan format yang tidak mengandung format standard layaknya heading,
paragraf, tabel dan lain sebagainya.
Sama dengan
HTML, file XML berbentuk teks sehingga bisa dibaca tanpa memerlukan bantuan
software khusus. Hal ini memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML
untuk men-debug programnya. XML lebih fleksibel dibanding HTML dalam hal
kemampuannya menyimpan informasi dan data. Pada XML data dapat disimpan baik
dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang diletakkan diantara tag pembuka
dan tag penutup.
Kelebihan
lain yang dimiliki XML adalah bahwa informasi bisa di pertukarkan dari satu
sistem ke sistem lain yang berbeda platform. Misalnya dari Windows ke Unix,
atau dari PC ke Machintosh bahkan dari internet ke ponsel dengan teknologi WAP.
RDF
Salah satu
tulang punggung Web 3.0 adalah format dan spesifikasi yang memungkinkan
komunikasi dan interaksi pada level mesin, W3C mendefinisikan format metadata
yang dikenal dengan RDF (Resource Description Format). RDF terdiri dari tiga
komposisi, meliputi subject, predicate, dan object. Predicate merupakan
komposisi yang menerangkan sudut pandang dari subject yang dijelaskan object,
sementara subject dan object merupakan entitas. Object di dalam RDF dapat
menjadi subject yang diterangkan oleh object yang lainnya. Dengan inilah object
dapat berupa masukan yang dapat diterangkan secara jelas dan detail, sesuai
dengan keinginan pengguna yang memberikan masukan.
Cara kerja
RDF dapat diterangkan dengan satu contoh sederhana berikut, untuk
mendefinisikan “daun memiliki warna hijau”, maka “daun” direpresentasikan
sebagai subject, “hijau” merupakan object, dan “memiliki warna” adalah
predicate. Dengan menggunakan RDF, website dapat menyimpan dan melakukan
pertukaran informasi antar-web. RDF telah digunakan pada aplikasi-aplikasi,
antara lain:
RSS (RDF Site
Summary). RSS memberikan informasi update sebuah website tanpa pengunjung perlu
mengunjungi website tersebut.
FOAF (Friend
of a Friend). Didesain untuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan dan
hubungan mereka.
SIOC
(Semantically-Interlinked Online Communities). Menerangkan komunitas online dan
menciptakan koneksi antara diskusi berbasis Internet seperti message board,
blog, maupun mailing list.
DWF
Desain Web
Format (DWF) adalah format file yang dikembangkan oleh Autodesk untuk
distribusi yang efisien dan komunikasi data desain kaya kepada siapapun yang
membutuhkan untuk melihat, meninjau, atau desain file cetak. Karena file DWF
sangat dikompresi , mereka lebih kecil dan lebih cepat untuk mengirimkan dari
file desain, tanpa overhead yang terkait dengan kompleks CAD gambar (atau
manajemen link eksternal dan dependensi). Dengan fungsi DWF, penerbit data
desain dapat membatasi data desain yang spesifik dan gaya plot hanya apa yang
ingin mereka penerima untuk melihat dan dapat mempublikasikan multisheet
menggambar set dari beberapa AutoCAD gambar dalam sebuah file DWF tunggal.
Mereka juga dapat mempublikasikan aplikasi model 3D dari Autodesk yang paling
desain.
File DWF
bukan merupakan pengganti format CAD asli seperti gambar AutoCAD ( dwg ).
Tujuan utama DWF adalah untuk memungkinkan perancang, insinyur, manajer proyek,
dan rekan-rekan mereka untuk mengkomunikasikan informasi desain dan konten
desain untuk siapa pun yang membutuhkan untuk melihat, meninjau, atau informasi
mencetak desain - tanpa ini anggota tim perlu mengetahui AutoCAD atau software
desain lainnya .
Inti dari DWF
ada pada tiga komponen:
C++ libraries
for developers C + + perpustakaan untuk pengembang
AutoCAD
penampil untuk anggota tim proyek yang ingin melihat data desain tanpa
mengetahui AutoCAD
Seorang
penulis yang memungkinkan setiap orang untuk membuat file DWF dari aplikasi
apapun
OWL
OWL (Web Ontology Language) adalah salah satu bentuk ontology yang memang
dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi
informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia. OWL merupakan
rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam penulisan ontology untuk web
untuk web semantic. OWL dituliskan dalam syntax XML (eXtended Markup Language).
Selain XML dalam OWL digunakan juga bahasa XMLS (XML Schema), RDF (Resource
Description Framework) dan RDFS (RDF Schema) dan OWL itu sendiri.
microformats
Microformats
adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah
terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman
web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan
diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.
microdata
Microdata
merupakan perkembangan bahasa markup yang masih termasuk kedalam
machine-readable metadata (mesin pembaca metadata) untuk menguraikan konten
web. Tag HTML, Microdata dan Microformat adalah bahasa markup unik yang saling
melengkapi satu sama lain dan ketiganya sangat membantu mesin pencari dalam
merayapi halaman-halaman web. Diantara ketiganya, microdata merupakan
perkembangan bahasa markup terbaru yang keberadaannya memberikan persaingan
selaras terhadap microformat yang menggunakan standar RDFa. Dalam
penggunaannya, sebenarnya para webmaster bebas untuk menentukan format
markup-nya, boleh menggunakan microformat saja, microdata saja atau menggunakan
keduanya. Namun webmaster terutama Google menyarankan penggunaan kedua format
tersebut.
Microdata
adalah bagian dari spesifikasi HTML5. Namun juga tergantung pada perubahan
kosakata dan atribut baru dalam penerapan metadata. Dan itu tidak dibatasi
untuk setiap jenis tertentu dari konten web, untuk dapat menjelaskan konten
unik yang tidak mampu ditangani oleh Microformat. Selanjutnya, microdata dapat
menggunakan notasi DOM, yang dapat membuat parsing metadata lebih mudah.
Ada dua
standar kosakata microdata yang digunakan saat ini yaitu kosakata dari
data-vocabulary.org dan kosakata dari schema.org.
· Web security
Suatu tata
cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab
melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb.
CONFIDENTIALITY
Confidentiality
memiliki makna bahwa data-data ataupun informasi-informasi yang berada di dalam
sebuah website hanya dapat di baca atau di akses oleh orang-orang yang memang
memiliki kewenangan untuk mengaksesnya.
INTEGRITY
Integrity memiliki
pengertian data-data yang berada didalam server atau website hanya dapat diubah
ataupun di delete oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu.
AVAILABILITY
Jika
confidentiality bermakna hanya user yang memiliki kewenangan yang dapat melihat
data tertentu yang tersimpan didalam sebuah server atau website, availability
memiliki makna bahwa website harus dapat diakses jika user ingin meggunakannya.
Pengelolaan Web
Walaupun riset tentang internet diawali dari proyek
ARPANET dan berkembang dari kolaborasi penelitian institusi militer dan
pendidikan, namun infrastruktur dan teknologi internet saat ini bisa dikatakan
bukan milik suatu institusi atau perorangan ataupun negara. Sekarang internet
merupakan sebuah enterprise kolaboratif dan kolektif yang terbuka. Ada sejumlah
organisasi atau lembaga yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan internet
serta menjadi guide atas perkembangan internet dan web, diantaranya adalah :
- World Wide Web Consortium (W3C)
Awalnya dibentuk dari Laboratorium Ilmu Komputer MIT
oleh Tim Berners-Lee dan Al-Vezza. W3C saat ini bertangggung jawab terhadap
perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan Web.
Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur oleh W3C. Saat
ini W3C masih dipimpin oleh Berners-Lee. Website W3C dapat diakses pada URL:http://www.w3c.org
- Internet Engineering Task Force (IETF)
Merupakan badan yang bertanggungjawab terhadap masalah
teknis dari perkembangan teknologi internet. IETF bertugas mengkaji berbagai
teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request for
comment (RFC). IETF fokus pada evolusi dari internet dan menjamin proses
tersebut berjalan dengan smooth.
- Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN)
ICANN adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18
September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998. Organisasi yang
berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi
beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung
atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet
Assigned Numbers Authority (IANA).
Pemerintahan: Hukum Privasi,
Hukum Hak Cipta Copyright
Hukum Privasi
Hukum Privasi merupakan hak pemegang hak cipta yang
membatasi penggandaan tidak sah atau suatu ciptaan yang hak tersebut terbatas
dan secara privasi hanya pada suatu lingkup tertentu serta biasanya
menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.
Hukum Cipta
Hak cipta (lambang internasional: ©, Unicode: U+00A9)
adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan
hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta
merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan
pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan.
Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.
Prinsip dan serangan: jaringan
kesetaraan (netral), sensor
Kita sering mendengar kasus banyaknya situs-situs yang
kena serangan oleh para hacker. Target serangannya sangat luas, mulai dari
situs-situs pemerintah hingga situs perusahaan swasta yang dianggap “musuh”
oleh para hacker tersebut. Efeknya bisa bervariasi, mulai dari yang tidak
berbahaya hingga mencuri data yang ada didalam website tersebut. Contohnya :
- XSS – Cross Side
Scripting
Metode XSS ini pernah diulas di edisi ke-2 buletin Geek
Factor kita ini. Secara prinsip, XSS menyisipkan sebuah tag-tag HTML khusus
kedalam sebuah situs. Tag-tag ini dapat dimasukkan kedalam server melalui
mekanisme HTML FORM yang valid.
Bagi web developer, untuk mencegah serangan XSS
sebetulnya mudah saja. Setiap input yang diterima melalui HTML FORM harus
diperiksa apakah mengandung tag-tag yang dapat dianggap berbahaya. Tag itu lalu
dibuang sebelum menyimpan datanya kedalam server. Penulis sarankan untuk
membaca edisi ke-2 karena disana XSS diulas secara lebih mendetail.
Kasus pada Syrian Internet Army
The Syrian Electronic Army (SEA), atau juga dikenal
sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan hacker komputer yang
mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan serangan
denial of service, perusakan, dan metode lainnya, terutama menargetkan kelompok
oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi berita dan kelompok hak
asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik pertama, tentara maya di
dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan cyber pada lawan-lawannya,
meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan pemerintah Suriah tidak jelas.
Serangan elektronik (peretasan) terhadap web site barat dapat menjadi salah
satunya dan pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak
dapat menjadi pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front
perang cyber secara besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi
militer.
Web Content
Web content adalah isi dari website yang telah dibuat
tanpa adanya file-file halaman web dan file pendukung, maka domain dan hosting
yang telah dimiliki tidak akan menampilkan apa-apa jika diakses.
- Media dan Standar
Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam
menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala
bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.
Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan atau Association of Education and
Communication Technology (AECT) membatasi media sebagai saluran yang digunakan
orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
Standar adalah ketentuan atau karakteristik teknis
tentang suatu kegiatan atau hasil kegiatan, yang dirumuskan dan disepakati
bersama oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai acuan baku bagi kegiatan
dan transaksi yang mereka lakukan.
- Bahasa dan keberagaman budaya
Dalam sebuah web perlu memerlukan sebuah bahasa
pemrograman. Sekarang kita bisa dengan mudah membuat suatu website yang gratis
atau dengan membayar. Sebenarnya apakah fungsi dari website itu sendiri?
Website dapat digunakan untuk mengeshare berbagai ilmu dan pengetahuan sehingga
banyak orang dapat mengetahuinya. Banyak bahasa pemrograman seperti HTML,
joomla, java, bahasa C, C++, PHP, dll.
Sedangkan keberagaman budaya itu sendiri Kemajuan ilmu
teknologi yang begitu pesat pada saat ini, memiliki banyak sekali pengaruh bagi
kebudayaan yaitu salah satunya bergesernya nilai-nilai budaya.Bangsa kita
adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau
menghargai budayanya.
Dalam upaya mempertahankan nilai nilai budaya dalam
lingkungan masyarakat tentunya dibutuhkan kerja yang eksta, mengingat bahwa
nilai – nilai budaya dalam masyarakat menentukan pula perkembangan kehidupan
sosial masyarakat itu sendiri. Mereka yang mampu bertahan di tengah kehidupan
teknologi yang semakin canggih tentunya akan mendapatkan kehidupan yang
diinginkan, demikian sebaliknya.
- Model Generative
Istilah ‘generatif model’ menjelaskan perubahan
paradigma dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang dioperasikan,
jadi sebuah bentuk digambarkan oleh urutan langkah-langkah pengolahan, bukan
hanya hasil akhir dari penerapan operasi tetapi desain bentuk menjadi desain
aturan. Pendekatan ini sangat umum dan dapat diterapkan pada setiap
representasi bentuk yang menyediakan satu set untuk menghasilkan sebuah fungsi,
‘operator bentuk dasar’ (elementary shape functions).
Pemodelan generatif mempunyai keuntungan yang efisiensi
untuk menciptakan bentuk-operator tingkat tinggi dari operator bentuk tingkat
rendah. Setiap urutan langkah-langkah pengolahan dapat dikelompokkan secara
bersama-sama untuk menciptakan ‘operator gabungan’ yang baru. Ini mungkin
menggunakan operator dasar serta operator gabungan lainnya.
- Nilai yang
konkret dapat dengan mudah diganti dengan parameter, yang memungkinkan
untuk memisahkan data dari suatu operasi.
- Urutan
pemrosesan yang sama dapat diterapkan pada set data input yang
berbeda.
- Data yang
sama dapat digunakan untuk menghasilkan bentuk yang berbeda dengan
menerapkan operator gabungan yang berbeda, misalnya, sebuah perpustakaan
operator dengan model domain-dependen.
- Model Retorika di Web
Retorikal Web adalah fitur yang signifikan dari
WWW, bahwa hiperlink bisa mengoperasikan secara semantik dan
navigational. Di sisi lain, tautan (link) menyarankan asosiasi yang berarti
antara halaman web dan isi dari halaman web, dan bisa memfasilitasi
ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna. Tautan dan asosiasi ini dapat
dibaca secara kritis, disarankan tentang cara berfikir hubungan antara halaman
suatu web dan isi halaman suatu web yang dimaksud atau tidaknya oleh si pembuat
(author).
Sebagai contoh, bagaimana sebuah perangkat lunak menyaring atau
memblocking, suatu akses ke situs tertentu, secara langsung juga memblokir
akses ke situs lain yang terhubung dengannya (situs yang diblokir), termasuk
situs yang bisa diakses melalui situs yang sudah diblokir. Masalah akses,
masalah dorongan implisit beserta jalan tertentu dan tarikan terhadap yang
lainnya, masalah dari penanda suatu tempat yang membantu pengguna mengetahui
dimana mereka saat di web space, sebagai lawan mereka yang cenderung untuk
membiarkan mereka tersesat, semua hal penting dari desain bukan hanya karena
mereka dapat melemahkan atau mencegah pengguna (khususnya pengguna pemula),
tetapi juga karena mereka menentukan jalan penemuan yang difasilitasi atau
tertutup.
Web
annotations (Tagging, Metadata, Rich Snippets)
- Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada
tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun
berdasarkan kategorinya. Google pun diam-diam sudah memasukkan sistem tag,
semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan Anda
melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
- Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan,
menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi
mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering
disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi.
Fungsi
Metadata :
membuat
sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan mengidentifikasi
sumberdaya mengelompokkan sumberdaya yang serupa membedakan sumberdaya yang tak
miliki kesamaan memberikan informasi lokasi
Jenis
Metadata :
Terdapat
tiga jenis utama metadata:
Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti
penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak,
pengarang, dan kata kunci.
Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara
bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk
membentuk suatu bab.
Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola
sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan,
tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
- Rich Snippest
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup
sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi
peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah hasil dengan
informasi yang anda berikan. Rich snippet ini membuat hasil pencarian untuk
blog anda tampak berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar